EDUKASI PUBLIK PASAR MODAL SYARIAH MENJELANG MEA 2015



Medan, Dinamika Online — Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean  (MEA) 2015 Ikatan Mahasiswa Perbankan Syari’ah (IMPAS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN SU bekerja sama dengan IDX ( Indonesia Stock Exchange) PT Bursa Efek Indonesia cabang Medan menyelenggarakan edukasi publik untuk mahasiswa. Mengusung tema prospek pasar modal syariah menjelang MEA 2015 di Aula lantai II IAIN SU, peserta tidak hanya berasal dari IAIN  namun juga berasal dari USU, UNIMED, UMSU , LP3I dan POLMED.
Edukasi Publik ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami pasar modal, selama ini mahasiswa hanya mendapatkan materi, lewat edukasi Publik ini mahasiswa dapat memahami pasar modal secara prakteknya. Hal ini disampaikan kepala kantor Bursa Efek Indonesia Cabang Medan. “ Mengenal bursa efek secara praktek, kalau teori mungkin mahasiswa bisa dapat dari dosen, tetapi praktek dosen belum tentu tahu. Kami mencoba mengajak mahasiswa ayo berpraktek ayo berinvestasi”. Jelas Muhammad Pintor Nasution.
Lebih lanjut Muhammad Pintor Nasution selaku narasumber menyampaikan, saat ini mahasiswa harus lebih cerdas dari mahasiswa sebelumnya. Menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN.  mahasiswa harus mengenal dunia pasar modal dan kapital market, hal ini karena mahasiswa nantinya akan menghadapi  pasar terbuka, bersaing dengan  negara-negara tetangga. “Mahasiswa harus melihat suatu negara berkembang  maju dilihat dari indeks dan gabungannya, kalau bukan mahasiswa yang akan memajukan negara ini siapa lagi, kita mencoba menggerakkan mahasiswa agar negara kita menjadi berkembang, ” ungkap Muhammad Pintor Nasution.
Menurut keterangan Muhammad Pintor Nasution, selaku ketua kantor Bursa Efek Indonesia Cabang Medan, pihaknya akan bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk menyediakan galeri investasi, sehingga mahasiswa dapat melihat market berkembang di bursa itu seperti apa, sehingga mahasiswa tidak perlu lagi susah untuk mengikuti perkembangan bursa efek.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam turut hadir sekaligus membuka edukasi publik sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh IMPAS sebuah kegiatan yang harus terus dilanjutkan dan dikembangkan. “ Kita bangga dengan mahasiswa FEBI, karena mahasiswa berlomba-lomba dalam kebaikan, bergerak dari bawah ke atas tanpa menunggu perintah dari atasan.” Tutur M. Ridwan Wakil Dekan III FEBI.
Mahasiswa sangat mengapresiasi  kegiatan edukasi publik pasar modal syariah ini. Rizki aulia selaku mahasiswa Perbankan Syariah dan  ketua panitia, dalam sambutanya melaporkan tercatat 478 mahasiswa mengikuti kegiatan edukasi publik pasar modal ini.
“ Kegiatan ini sangat menarik, sebagai mahasiswa dalam  menghahadapi Masyarakat ekonomi Asean (MEA) ini turut was-was, lewat edukasi publik prospek pasar modal syariah menjelang MEA 2015 ini, mendapat pencerahan , bahwa  kedepanya wawasan mahasiswa harus bertambah, dan dapat ikut berinvestasi dari sekarang di pasar modal, ” ucap Nurhasanah Syah mahasiswa Perbankan Syari’ah semester VI.
Kegiatan ini ditutup dengan pemberian doorprize bagi penanya terbaik dan peserta yang berhasil menjawab pertanyaan narasumber dengan tepat.
Reporter: Gigih Suroso, Amri Bidin Sagala.

amri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar