Antara Orang Tua dan Impian (Diktator Galau)


Setiap manusia pasti mempunayai harapan dan impian, walaupun harapan dan impiannya tidak berbanding lurus dengan keadaan. Dalam meraihnya pasti banyak rintangan dan bahkan harapan dan impian tersebut tidak tercapai. hal tersebut bisa saja berkaitan dengan keluarga, sahabat, cinta, sampai faktor keadaan. Hal itulah yang dihadapi oleh Jay dan Wilow.
Diktator galau sebuah novel duet karya Syahmedi Dean dan Ayu Sulistyowati yang menceritakan tentang perjalanan Jay dan Wilow dua sarjana seni rupa yang dipaksa menjadi wartawan oleh orang tuanya. Jay dan Wilow kakak adek tiri yang berkuliah di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Jay yang memiliki nama lengkap Zaenal Syukur dan paling benci dengan orang yang menyebut nama lengkapnya. Ia memiliki minat berkuliah di Institut Seni Indonesia Yogyakarta jurusan Seni Patung dan ingin menjadi seniman yang harus menghadapi larangan ayahnya, namun dengan usaha ibunya ia akhirnya diizinkan berkuliah disana dan harus pindah dari Jakarta ke Yogyakarta.
Hal itu, bukanlah akhir perjalanannya karena ia harus menghadapi tantangan profesi sebagai wartawan. Ia dipaksa ayahnya untuk bekerja di sebuah media cetak yaitu tabloid Kosmopolitk yang merupakan perusahaan yang didirikan ayahnya dan geng jadulnya semasa muda dulu. Begitu juga dengan wilow yang dipanggil mendadak oleh ayahnya ke jakarta untuk menjadi wartawan tabloid Kosmopolitik juga, namun ia harus tetap memenuhi tuntutan ayahnya walaupun tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Jay yang biasanya nonton cari wangsit  buat bikin patung, sekarang harus nongkrong di gedung KPK. Sedangkan Wilow yang biasa mengisi waktu dengan melukis, sekarang terpaksa celingik-celinguk liputan di kedutaan.
Cobaan tidak berhenti sampai disitu, Jay dan wilow juga harus menghadapi mbak Kiki Drajat (KD) seorang Redaktur Pelaksana di Kosmopolitik yang memiliki suara lantang menggelora dan ia juga seorang yang sangat anti dengan KKN (Korupsi, kolusi, dan nepotisme), wilow juga harus menghadapi Pemimpin redaksi yang naksir berat dengannya dan lelaki dengan bau menyan itu. Tidak hanya itu, jay dan wilow harus menghadapi Mas Gun Reporter senior yang supermaniak dengan boyband SMA*SH dan Girlband Cherrybelle dan Mayasari Subekti seorang politikus dan model yang super alay. Bagaimankan perjalanan  Jay dan Wilow dalam menjalankan profesi yang bertolak belakang dengan pendidikan mereka?

Judul               : Diktator Galau
Penulis             : Syahmedi Dean dan Ayu Sulistyowati
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan           : Pertama, Januari 2014
Tebal               : 216 Halaman
Novel ini bergenre komedi, walaupun humor yang disampaikannya terkadang tidak sampai. Namun, saat membaca novel ini, anda akan senyum – senyum sendiri karena keunikan karakter peran dalam novel ini.
Novel  ini juga menghadirkan beberapa parodi di kehidupan nyata. Seperti kehidupan jurnalis di dunia profesional, lalu juga ada karakter yang mewakili sosok di dunia nyata yang terkenal dengan statunisasinya, sosok dukun nyentrik, atau fenomena serbuan para selebritis ke dunia politik. Semuanya disampaikan dengan gaya humor yang sedikit menyindir. Selamat membaca.

(Amri Bidin)

amri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar